Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Logo Artikel

565 ANGKA PERKARA PA SUNGAI PENUH 2020 MELONJAK DRASTIS INI DATANYA

Angka Perkara PA Sungai Penuh 2020 Melonjak Drastis, Ini datanya

sidang tele 3

Pelaksanaan sidang itsbat nikah di salah satu desa di Kota Sungai Penuh

SUNGAI PENUH – pada tahun 2020, Pengadilan Agama Sungai Penuh perkara yang diterima PA Sungai Penuh melanjak drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2020, PA Sungai Penuh menerima sebanyak 776 perkara terdiri dari 428 perkara gugatan dan 348 perkara permohonan.

 

Ngopiii

Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin, S.H.I., M.H didampingi Panmud Permohonan, Noprizal, S.H.I, dalam rangka sosialisasi pelaksanaan sidang itsbat nikah di KUA Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh    

Jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang lalu, PA Sungai Penuh menerima sebanyak 462 perkara terdiri dari perkara Permohonan gugatan 368 dan perkara permohonan sebanyak 94 perkara, dan untuk tahun 2018 PA Sungai Penuh hanya menerima 435 perkara masing-masing perkara gugatan 352 perkara dan 83 perkara permohonan.

Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin, S.H.I., M.H.I, kepada Jurdilaga PA Sungai Penuh menyampaikan bahwa angka perkara di PA Sungai Penuh ini melonjak karena kesadaran hukum masyarakat sudah sangat tinggi.

Menurutnya, seringkalinya Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci melaksanakan sosialisasi hukum ke tengah masyarakat bersama pihak pihak terakait juga menjadi salah satu faktor meningkatkannya angka perkara di PA Sungai Penuh.

“Jadi masyarakat sudah memahami dan sadar hukum, itu lah penyebab angka perkara di PA Sungai Penuh meningkat,” tukasnya.

Ia melihat peningkatan paling menonjol selama tahun 2020 ini adalah di perkara permohonan, yaitu disumbangkan oleh perkara pengesahan perkawinan sebanyak 300 perkara.

“Itu semua berkat kerjasama semua sektor, baik pemerintah daerah maupun pihak Kemenag Kerinci dan Kota Sungai Penuh, demi membantu masyarakat,” tukasnya. Didampingi Wakil Ketua PA Sungai Penuh, Zulfahmi Mulyo Santoso, S.E.I., M.H.

Selama PA Sungai Penuh berdiri kata Ketua PA Sungai Penuh ini, pada tahun 2020 ini tercatat perkara diterima paling banyak.
“Untuk sementara waktu ini, tahun 2020 adalah perkara paling banyak diterima PA Sungai Penuh, sejak PA ini berdiri tahun 1960 yang lalu,” pungkasnya. (Noprizal/Jurdilaga)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas