Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Mau Tau Cara Penulisan Berita yang Benar, Kasubbag IT PA Sungai Penuh Bilang Begini

Peserta Pelatihan Website di PTA Jambi

JAMBI – Banyak orang yang beranggapan menulis berita itu sulit. Tapi anggapan itu harus jauh-jauh dibuang dari pikiran warga PA di lingkungan PTA Jambi.

Hal itu disampaikan oleh Kasubbag perencanaan, IT dan Pelaporan PA Sungai Penuh, Ulil Amri, S.H.I., M.A saat mengikuti pelatihan Website di PTA Jambi, Selasa (04/12).

“Jangan beranggapan menulis berita itu sulit, sebenarnya tidak sulit kalau tau apa yang mau ditulis dan tau pula kaedah penulisannya,” ujar Ulil Amri.  

Di dalam penulisan berita kata Ulil, sebagai mana materi pada pelatihan website di PTA Jambi, oleh nara sumber yang merupakan salah satu punggawa Badilag.Net, Hirpan Hilmi dijelaskan ada beberapa nilai berita yang harus terkandung dalam sebuah berita.

Apa saja itu? Ulil menyebutkan sebuah berita itu harus aktual dalam arti cepat dan tepat waktu.

Kemudian sebuah berita itu juga harus nyata. “Berita itu harus nyata dan benar-benar terjadi, sering disebut fakta,” tegas Ulil Amri.

Selain itu penulis berita juga harus mengetahui berita yang ditulisnya adalah menyangkut kepentingan orang banyak dan menarik.

“Kalau menyangkut kepentingan orang banyak dan beritanya menarik, tentu pembacanya akan sangat banyak,” imbuhnya.

Lantas apa formula yang sesuai dengan kaidah jurnalistik dalam sebuah berita? Ulil Amri menegaskan, semuanya berawal dari menjawab beberapa pertanyaan penting.

“Who did what, When, Where, why, how...(siapa melakukan apa, kapa, dimana, kenapa, bagaimana) apabila ini sudah lengkap, maka berita itu akan tersaji dengan sangat menarik, lengkap dan enak dibaca,” paparnya.

Tidak hanya itu saja, dalam berita ada batang tubuh yang harus dan wajib ada.

Ulil menerangkan, berita harus ada judul, diikuti oleh lead atau biasa disebut teras berita dan isi dari berita itu sendiri.

Adakah etika dalam penulisan berita? dalam pelatihan website ini kata Ulil, pemateri kelahiran Tasikmalaya, 31 Januari 1977 itu juga menjelaskan tentang etika penulisan berita.

“Dalam penulisan berita itu harus objektif, cover both side. Dan tentu ada tahapan dalam penulisan berita, tahapannya adalah Fact organizing, lead Decission, word selection, star to write,” pungkasnya. (iif)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas