Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

30 Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kerinci Praktikum di PA Sungai Penuh

Dekan Fakultas Syariah IAIN Kerinci, Dr. Muhammad Yusuf, M.Ag menyerahkan secara resmi 30 mahasiswa Praktikum Peradilan Agama kepada Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H 

SUNGAI PENUH – Sebanyak 30 orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci mengikuti Praktikum Peradilan Agama di Pengadilan Agama Sungai Penuh.

Pratikum ini dimulai secara resmi setelah dilakukan serah terima dari Dekan Fakultas Syariah IAIN Kerinci, Dr. Muhammad Yusuf, M.Ag dengan Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H di aula utama PA Sungai Penuh, Senin (08/10).

 

Tampak hadir sejumlah Wakil Dekan Fakultas Syariah, Ketua Jurusan serta pejabat di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Kerinci.

Sebaliknya, dari PA Sungai Penuh, Ketua juga didampingi  sejumlah hakim, Panitera, Sekretaris dan pejabat struktural dan fungsional.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah menyebutkan bahwa praktikum Peradilan Agama ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa di Fakultas Syariah IAIN Kerinci.

Praktikum Peradilan Agama ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara utuh kepada mahasiswa tentang peradilan agama.

Selama ini kata Yusuf, mahasiswa sudah mengetahui dari proses perkuliahan tentang perkara, hukum acara dan lain sebagainya, namun tanpa praktikum ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan tentu belum maksimal.

“Dengan praktikum ini, ilmu yang telah didapatkan dapat dilihat lansung bagaimana praktik di Pengadilan Agama Sungai Penuh. Karena dengan praktikum ini mahasiswa lebih memahami bagaimana proses persidangan, administrasi perkara dan lain sebagainya sampai pada putusan atau penatapan,” sebut Yusuf.

Tidak hanya itu saja, Yusuf juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar PA Sungai Penuh yang telah bersedia menyambut baik kehadiran mahasiswa Fakultas Syariah.

Kerja sama ini kata Yusuf, merupakan kerja sama yang telah dijalin bertahun tahun, sejak berdirinya IAIN Kerinci yang sebelumnya bernama STAIN Kerinci. 

“Kerjasama yang sangat baik sangat kami apresiasi, ini suatu hal yang luar biasa. Sudah banyak alumni Fakultas Syariah yang berhasil karena Praktikum Peradilan Agama di PA Sungai Penuh ini,” tukasnya.

Sementara itu Ketua PA Sungai Penuh dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fakultas Syariah yang telah kembali mempercayakan PA Sungai Penuh untuk ikut membina mahasiswa IAIN Kerinci.

“Kami bangga karena telah kembali dipercaya untuk ikut membina mahasiswa Fakultas Syariah,” ujarnya.

“InsyaAllah dalam waktu yang telah ditetapkan, kita akan mengarahkan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kerinci  agar dapat maksimal menimba ilmu peradilan agama di PA  Sungai Penuh. Dengan tutor hakim-hakim PA Sungai penuh yang sudah bekali-kali ikut membina mahasiswa Fakultas Syariah, kita yakin hasil yang maksimal akan kita peroleh,” kata Ikhsanuddin. (iif)

    


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas