Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Logo Artikel

470 DI KAKI GUNUNG BERAPI TERTINGGI DI INDONESIA PA SUNGAI PENUH GELAR SIDANG DI LUAR GEDUNG

Di Kaki Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia, PA Sungai Penuh Gelar Sidang di Luar Gedung

sidkel b 8

JURDILAGA PA SUNGAI PENUH - Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Sungai Penuh terus menggelar sidang di luar gedung pengadilan.

Rabu (21/08) sebagai jadwal sidang yang telah ditetapkan, PA Sungai Penuh menggelar sidang di luar gedung yang berlokasi di Bedeng Delapan, bilangan kaki gunung berapi tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci.

sidkel b 88

Dari Wikipedia dan berbagai sumber lainnya diketahui bahwa Gunung Kerinci juga dikenal sebagai Gunung Gedang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura. Ia  adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau.

Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatra. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. 

Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H kepada Jurdilaga menyebutkan bahwa PA Sungai Penuh akan terus menggelar sidang di luar gedung. Jadwal pelaksanaan sudah disusun dengan rapi hingga target pelaksanaan sidang di luar gedung tercapai.

“Alhamdulillah jadwal pelaksanaan sudah rampung disusun, dan sekarang tinggal melaksanakan saja, kita sudah susun jadwal sidang di luar gedung sampai target yang ditetapkan tercapai,“ sebutnya.

Sementara itu Zulkifli Firdaus, S.H.I, Hakim tunggal yang menyidangkan beberapa perkara pada hari ini menyebutkan pelaksanaan sidang di luar gedung sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. 

“Alhamdulillah lancar pelaksanaannya, tidak ada kendala, dan hari ini kita gelar tepat di Kaki Gunung Kerinci,” tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa masyarakat setempat sangat antusias dan berterima kasih kepada PA Sungai Penuh yang menggelar sidang di luar gedung di wilayah mereka.  (Noprizal/Jurdilaga/pa-spn)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas