Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Logo Artikel

405 BERTEMU BUPATI KERINCI INI YANG DIBAHAS KETUA PA SUNGAI PENUH DAN KAKAN KEMENAG KERINCI

Bertemu Bupati Kerinci, Ini yang Dibahas Ketua PA Sungai Penuh dan Kakan Kemenag Kerinci

ketemu bupati 1

 

Ketua Pengadilan Agama Sungai Penuh Ikhsanuddin, SH, Wakil Ketua PA Sungai Penuh Asrori Amin, S.H.I., M.H.I bersama Kakan Kemenag Kerinci bertemu Bupati Kerinci DR. H. Adirozal, M.Si di Rumah Dinas Bupati Kerinci, Selasa (16/07).

JURDILAGA PA SUNGAI PENUH -  Demi tertibnya Administrasi Perkawinan di Kabupaten Kerinci, tiga institusi mengadakan pertemuan khusus, Selasa (16/07)

Pertemuan ini digelar di Rumah Dinas Bupati Kerinci, di bilangan Jalan Depati Parbo, Kota Sungai Penuh.

Pertemuan ini dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB, pihak Pengadilan Agama dihadiri oleh Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H dan Wakil Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin, S.H.I, kemudian dari Kemenag Kerinci dihadiri oleh Kakan Kemenag Kerinci, Hardiman, S. Ag didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Firdaus, S.Ag dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Arpan Efendi, S.Ag.

 

ketemu bupati 2

ketemu bupati 3

Dalam pertemuan ini dibahas kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kerinci, Pengadilan Agama Sungai Penuh, Kementerian Agama Kabupaten Kerinci tentang pelayanan isbat nikah terpadu, pencatatan perkawinan, dan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kerinci tahun 2019.

Pada Kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci menerangkan bahwa kegiatan kerjasama ini dimaksudkan untuk membantu Masyarakat di wilayah Kabupaten Kerinci yang belum lengkap administrasi perkawinannya.

Kegiatan isbat nikah ini nantinya akan diperuntukkan bagi pasangan yang sudah menikah dan belum tercatat secara administrasi perkawinan, dan tidak berlaku untuk pernikahan poligami atau yang salah satu pasangan sudah meninggal dunia.

"Bentuk Kerjasama Kantor Kementerian Agama dalam hal ini ialah mengumpulkan data isbat melalui Kantor Urusan Agama Kecamatan. Untuk sementara ini baru terdata sebanyak 847 pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah, dan data ini akan terus disesuaikan dengan data di lapangan. Semoga kedepannya perkara isbat nikah ini dapat terealisasikan, berjalan lancar, dan dilaksanakan dengan segera," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Sungai Penuh siap melaksanakan itsbat nikah terpadu tahun 2019 ini.  

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat tidak mampu untuk memiliki legalitas yang jelas terhadap pernikahannya, dan status hukum bagi anak yang lahir dari pernikahan sirri, kami berharap kerjasama seperti ini dapat terjalin terus, guna mengurangi angka pernikahan yang tidak tercatat khususnya di wilayah hukum Kabupaten Kerinci,” ungkap Ketua PA Sungai Penuh.

Bupati Kerinci Dr. H. Adi Rozal, M.SI menanggapi dengan positif kerja sama tersebut.

"Walaupun secara bertahap saya sangat mengharapkan hal ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik. Kegiatan ini Insya Allah akan dibahas juga dalam rapat acara Festival Kerinci tahun 2019 serta Insya Allah akan dijadikan sebagai bagian dari serangkaian acara Festifal Kerinci," tuturnya. (Nop/Jurdilagapaspn)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas