Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Logo Artikel

379 WOW RUANG TUNGGU SYARIAH ADA DI PA SUNGAI PENUH

Wow,, Ruang Tunggu Syariah ada di PA Sungai Penuh

ruang tunggu

 Wapan dan Para Panitera Muda PA Sungai Penuh berada di Ruang Tunggu Syariah di PA Sungai Penuh

Pertama di PTA Jambi

JURDILAGA PA SPN - Geliat penggunaan istilah syariah sedang menjadi booming di negara ini, sehingga banyak muncul Bank Syari’ah, Hotel Syari’ah, Café Syari’ah.

Hal ini pula yang mengilhami Panitera PA Sungai Penuh, Drs. Auza’i.,M.H, untuk membuat ruang tunggu syari’ah.  

Menurut Panitera PA Sungai Penuh, ruang tunggu syari’ah pada dasarnya adalah pemisahan ruang tunggu sidang bagi kaum laki-laki dan perempuan, di mana di PA Sungai Penuh ruang tunggu sidang  bagi laki-laki berada diluar sedangkan ruang tunggu sidang  khusus perempuan berada di dalam.

ruang tunggguuu

Petunjuk lokasi ruang tunggu sidang khusus laki-laki

Teknisnya petugas piket sidang yang mendata peserta sidang akan langsung mengarahkan ruang tunggu bagi laki-laki dan perempuan sesuai dengan ruang tunggunya.

Pemisahan ruang tunggu sidang bagi laki-laki dan perempuan dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi kaum perempuan yang menghadiri persidangan, serta menghindari potensi perselisihan verbal antara Penggugat dan Tergugat atau Pemohon dan Termohon.

Tim Jurdilaga PA Sungai Penuh didampingi Wakil Panitera (Drs. Arlis), Panitera Muda Permohonan, Noprizal.,S.H.I, Panitera Muda Hukum, Drs. H. Khairuddin, dan Panitera Muda Gugatan, Erwani Pani, SH yang diajak melihat langsung ruang tunggu syariah menyatakan bahwa ini merupakan satu inovasi dari PA Sungai Penuh dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman para pihak.

Hal ini juga sesuai dengan instruksi Ketua Mahkamah Agung serta Dirjen Badilag agar Peradilan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan.

Dalam kesempatan itu juga, tim jurdilaga mewawancarai beberapa pihak yang enggan disebut namanya dan  memberikan apresiasi yang positif kepada PA Sungai penuh yang telah memisahkan ruang tunggu bagi laki-laki dan perempuan.

“Kalau laki-laki dan perempuan ruang tunggunya digabung kadang kami dak nyaman pak, ada yang merokok, kadang ada yang suka marah-marah, akan tetapi dengan ini kami merasa lebih nyaman dan aman pak. Terima kasih PA Sungai penuh,” kata seorang Penggugat.

Ketua PA Sungai Penuh, Ikhsanuddin, S.H, yang dihubungi tim redaksi menyampaikandukungan atas inovasi ini.

“Upaya pembaruan dan inovasi yang ada dilingkungan PA Sungai Penuh dan akan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan. Ketua PA Sungai Penuh juga mengajak semua unit di PA Sungai Penuh untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan,” tegasnya.

Dari pantauan tim redaksi, inovasi ini yang pertama dan mungkin satu-satunya di PTA Jambi. Bagaimana jika PA se PTA Jambi memisahkan ruang tunggu sidang antara laki-laki dan perempuan?

Bravo PA Sungai Penuh, Kibarkan PA Sungai Penuh di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. (452021-Tim Jurdilaga PA.SPN)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas